SUPER CARA : Informasi Cara Super Untuk Segala Kebutuhan Anda

Sunday, August 31, 2014

Cara Mengatur Jadwal Pola Makan yang Baik dan Sehat

Terimakasih telah mengunjungi postingan kami yang berjudul Cara Mengatur Jadwal Pola Makan yang Baik dan Sehat ini. Post ini diterbitkan demi melengkapi informasi yang anda cari. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk anda.

Sebelum Melihat informasi utama tentang "Cara Mengatur Jadwal Pola Makan yang Baik dan Sehat", Anda juga dapat menikmati informasi menarik berikut ini :

Berikut Informasi selengkapnya Mengenai Cara Mengatur Jadwal Pola Makan yang Baik dan Sehat

Cara Mengatur Jadwal Pola Makan yang Baik dan Sehat | jadwal  pola makan adalah hal sepele yang seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang. padahal hal kecil ini bisa memberi dampak yang besar untuk kesehatan tubuh seseorang. takutnya, apabila pola makan tidak diatur bisa-bisa nantinya malah menimbulkan efek yang kurang sehat bagi seseorang.

Cara Mengatur Jadwal Pola Makan yang Baik dan Sehat

Cara Mengatur Jadwal Pola Makan yang Baik dan Sehat


nah, oleh karena itu. mulai sekarang sebaiknya anda perlu menyusun jadwal pola makan sehari-hari demi menjaga kesehatan tubuh anda dan terpenuhinya kebutuhan nutrisi bagi tubuh. bagi anda yang belum memiliki gambaran sama sekali mengenai jadwal pola makan, berikut kami sajikan contoh jadwal pola makan yang bagus untuk kesehatan:
  1. 07:00 Wake up. Saatnya bangun di pagi hari dengan mendapatkan udara segar. Jadwal bangun yang disarankan 05:00 – 07:00 pagi. Bagi anda muslim mungkin sudah terbiasa dengan bangun jam lima setelah itu melaksanakan kewajiban shalat subuh.
  2. 07:15 Setelah terbangun tubuh anda masih memerlukan cairan untuk mencegah dehidrasi. Mari menyegarkan badan dengan meminum segelas air putih, bila perlu tambahkan perasaan jeruk lemon.
  3. 07:45 Waktu yang cocok bagi anda untuk minum susu tinggi kalsium rendah lemak.
  4. 08:30 Breakfast time. Sarapan dengan kaya protein. Protein mampu membantu kadar gula anda tetap konsisten. Anda bisa memilih menu ikan, roti selai kacang, atau roti selai keju dan tambahkan putih telur 2 butir untuk porsi dewasa dan 1 butir untuk porsi anak-anak.
  5. 10:15 Banyak kali makan bukan berarti tidak sehat namun yang harus anda perhatikan adalah banyak kali makanan namun tidak banyak. Waktu seprti ini baiknya anda makan snack, sangat dianjurkan makan kacang-kacangan karena mengandung banyak magnesium dan banyak mengandung energi. Snack anda juga bisa diganti dengan buah yoghurt.
  6. 10:45 Penuhi kebutuhan air anda lagi dengan minum air mineral namun bila anda kurang suka bisa anda gantikan dengan buah-buahan yang banyak mengandung air
  7. 12:30 Lunch. Makan siang di kantor ataupun di kampus akan lebih hangat bila bersama teman. Namun bila anda memilih restoran untuk makan siang bisa membuat anda makan banyak. Hal yang harus dipikirkan adalah bila makan banyak, tubuh anda semakin sulit untuk mencerna makanan. Ada baiknya anda makan secukupnya saja.
  8. 14:45 Ngemil lagi. Makanan yang mengandung omega 3 menjadi pilihan baik apabila anda ingin meningkatkan kinerja otak anda. Anda bisa mendapatkannya dengan meminum yoghurt atau minum teh hijau. Untuk kopi tidak disarankan karena akan merusak pola tidur anda pada malam harinya.
  9. 16:00 Cokelat atau 3 sdm es krim bisa anda sisipkan dalam waktu ngemil ini karena pada pukul 3 hingga 5 sore tubuh akan mengalami penurunan produksi hormon serotonin yang merupakan hormon kebahagiaan. Jadi jangan heran bila jam 3 hingga 5 sore banyak orang yang terlihat kurang semangat atau bosan.
  10. 19:30 Waktu ini sebenarnya waktu maksimal yang disarankan dan ada baiknya jadwal makan malam antara pukul 18 hingga pukul 19:30 atau setidaknya 2,5 jam sebelum anda memasuki jadwal tidur malam anda. Pilih menu makan yang berprotein dengan sayur serta yang mengandung karbohidrat kompleks.
  11. 22:00 Anda bisa mengisi waktu anda dengan secangkir teh herbal. Terutama yang mengandung chamomile, membuat anda akan terlelap.
  12. 22:30 Ssst. Waktunya tidur pada jam seperti ini.
itulah contoh pengaturan jadwal pola makan yang bagus untuk kesehatan. anda boleh meniru contoh jadwal tersebut atau bahkan memodifikasinya sendiri agar lebih sesuai dengan kondisi dan kesibukan anda sehari-hari.

sekian informasi mengenai cara mengatur jadwal pola makan yang bagus dan baik untuk kesehatan. semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi bagi anda yang ingin membuat jadwal pola makan yang baik untuk kesehatan.

Cara Mengatur Jadwal Pola Makan yang Baik dan Sehat Rating: 5 Diposkan Oleh: Unknown